Posted in Inspirasi Kehidupan

Belajar Dari Nabi Muhammad Saw ….

Gambar

Mimpi adalah kunci 
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Lirik lagu Laskar Pelangi itu selalu memberikan semangat kepada penulis ketika sedang futur (patah semangat). Dan selalu mengingatkan mimpi-mimpi penulis yang telah digoreskan di dalam hati dan pikiran penulis.

Keberhasilan seseorang dalam hidupnya selalu diawali dari mimpi. Kata Bondan Prakoso, “Hidup itu berawal dari mimpi”. Mimpilah yang akan mengarahkan jalan hidup kita. kata Robert T Kiyosaki, ‘ keberhasilan seseorang itu tergantung pada ukuran mimpinya’.

Jika mimpi kita ingin terwujud, belajarlah pada orang-orang besar yang telah berhasil meraih mimpinya. Mengutip dari pendapat Michael H. Hart bahwa orang yang sangat berpengaruh nomor satu di dunia adalah Nabi Muhammad Saw.  memang kita harus belajar kepada Nabi Muhammad, dan memang seharusnya menjadi panutan kita dalam kehidupan kita.

Penulis akan memaparkan kehidupan Nabi Saw secara singkat;

Nabi Muhammad sejak lahir sudah menjadi seorang yatim. Pada usia 6 tahun sudah yatim piatu. Kita bisa merasakan pahitnya kehidupan seorang anak kecil kedua orang tuanya sudah meninggal dunia. Kita pun akan merasa kehilangan jika andaikan ayah atau ibu kita meninggal dunia. Itulah yang dialami oleh Nabi Muhammad sejak kecil, sudah tidak lagi merasakan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Walaupun beliau diasuh oleh kakek dan pamannya, namun beliau berusaha untuk mandiri  dalam mencari kebutuhan hidupnya.  Usia antara 7-8 tahun Nabi Muhammad sudah bisa mengembala kambing punya orang lain. Beliau menerima imbalan dari pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Usia 12 tahun, Nabi Muhammad Saw ikut bersama pamannya dalam ekspedisi dagang (eksportir) ke wilayah Syam (sekarang meliputi Suriah, Palestina, Israel, Libanon, Yordania) yang merupakan wilayah kekuasaan Romawi Timur (Bizantium). Dari sinilah beliau belajar cara berbisnis kepada pamannya.

Pada usia 17 tahun, Nabi mengelola langsung bisnis punya pamannya. Karena pamannya tidak bisa terjun lagi secara langsung menangani usaha bisnisnya. Dalam usia antara 17 sampai 20 tahun masa tersulit dalam menjalankan bisnisnya, karena harus bersaing  dengan para senior dalam perdagangan regional.

Pada usia 20 sampai 25 tahun, merupakan titik keemasan bagi Nabi Muhammad Saw dalam menjalankan bisnisnya. Menurut Said Ramadhan al-Buthy, pada usia 25 tahun Nabi Muhammad membawa dagangan punya Khadijah ke Syam, dan beliau meraih keuntungan yang berlipat ganda. Hal tersebut belum pernah terjadi pada dagangan Khadijah sebelumnya.  karena kepribadian yang mulia dan kecerdikan Nabi Muhammad dalam berbisnis lah yang memikat hati Khadijah, seorang konglomerat Mekkah.

Walaupun Nabi Muhammad itu seorang pemuda yang bersahaja/hidupnya sederhana (tidak narsis seperti kebanyakan pemuda sekarang), ternyata mahar (mas kawin) Nabi Muhammad Saw kepada Khadijah sebanyak 100 unta, dan ada pula yang berpendapat 20 unta merah. Unta merah merupakan alat transportasi atau kendaraan yang terbaik pada masa itu. Jika kita tarik alat transportasi terbaik (unta merah) pada masa itu ke masa sekarang, kira-kira apa alat transportasi yang terbaik pada masa sekarang? kita asumsikan mobil BMW tipe Brand New Bmw Seri 5 merupakan alat transportasi terbaik masa sekarang.  Harga satuan mobil BMW tipe Brand New Bmw Seri 5 adalah Rp. 890.000.000. Nah, sekarang kita kalikan Rp. 890.000.000 dengan 20 mobil. Hasilnya adalah Rp.  17.800.000.000 (17 M lebih). Itulah kira-kira asumsi harga terhadap mahar kawin Nabi Muhammad kepada Khadijah.

Pada usia 35 tahun, Nabi Muhammad Saw terlibat dalam sosial masyarakat. Ketika renovasi ka’bah selesai, tinggal meletakkan batu hajar aswad, terjadi perselisihan antar suku di Mekkah, dan hampir akan terjadi peperangan. Namun Nabi Muhammad bisa menyelesaikan masalah tersebut, dengan meletakkan selendang di atas batu Hajar Aswad, lalu semua pemimpin suku memegang masing-masing ujung selendang tersebut secara bersama-sama. Beliau diberi gelar al-Amin (orang  yang terpercaya) oleh masyarakat Mekkah.  Beliau menjadi tokoh masyarakat dalam usia relatif masih muda.

Pada usia 37 sampai 40 tahun, beliau mengurangi kegiatan bisnisnya, dan lebih banyak terlibat dalam perbaikan sosial masyarakat.  kalau dilihat sekarang, pebisnis kelas dunia melakukan hal yang sama. Jika seseorang itu telah sukses, lebih sibuk dalam kegiatan amal sosial.

Pada usia 40 tahun beliau diangkat oleh Allah menjadi seorang Rosul. Dalam waktu 23 tahun beliau berdakwah, beliau berhasil menguasai jazirah Arab dan memperkuat kesolidan masyarakatnya kedalam satu umat, yaitu umat Islam. Umat Islam yang dipimpin oleh Nabi Muhammad Saw merupakan kekuatan baru dunia yang ditakuti oleh Kekaisaran Bizantium (Romawi Timur) dan Kekaisaran Persia yang merupakan dua negara adidaya pada masa itu. Sepeninggal beliau, Umat Islam berhasil menaklukkan kekaisaran Bizantium dan Persia, dan Islam berkembang pesat ke penjuru dunia.

Nabi Muhammad Saw merupakan tokoh dunia yang seharusnya dijadikan teladan bagi umat Islam, terutama bagi pemuda bangsa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 2013.

selesai di Cipanas, oleh Iman Munandar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s