Posted in Agama dan Politik

ATOM

Image

Hari minggu ini adalah minggu untuk pahlawan, 10 November 2013. Saya diajak oleh teman untuk menghadiri acara memperingati hari pahlawan di lapangan Brimob, seberang Istana Cipanas.

Acara ini diadakan oleh PKS zona 2 Cianjur (Cipanas, Sukaresmi, dan Pacet) bekerjasama dengan kumpulan VeteranĀ  ranting Cipanas. Acara dimulai jam 8 pagi, yaitu melaksanakan upacara. Setelah itu berjalan menuju makam pahlawan yang berada di Desa Cipanas ( di atas Istana Cipanas dikit). Di makam ini, para kader dan simpatisan PKS, warga sekitar, dan para veteran, melakukan upacara lagi dalam rangka menghormati dan mendoakan mereka atas jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan Negeri ini.

Saya baru tahu, jika di komplek makam ini terdapat makam yang bernama alm. Mayjend Lukas Kustaryo. Mayjend Lukas Kustaryo itu adalah sosok kapten yang luar biasa. Beliau dijuluki oleh tentara NICA ‘Begundal Karawang’ yang kerap bikin repot pasukan Belanda dalam Agresi Militer Belanda pasca proklamasi. Dia lah sosok yang dicari oleh pasukan penjajah Belanda. Karena masyarakat Rawa Gede (Karawang) menyembunyikan Mayjend Lukas, dibantai habislah warga Rawagede itu oleh pasukan Belanda.

Setelah upacara di komplek makam pahlawan, kami bergegas ke markas legiun veteran ranting Cipanas. Agenda seperti biasa yang selalu memakai kata sambutan, dan cerita perjuangan para pahlawan pada masa lalu.

Hal yang mengusik saya dan teman-teman saya dari PKS adalah ketika salah seorang veteran yang bercerita tentang perjuangan pada masa penjajahan Jepang di indonesia. Kata beliau, bom Atom yang dijatuhkan oleh Amerika kepada jepang adalah sebuah berkah dari Allah bagi perjuangan Bangsa Indonesia. Peristiwa Bom Atom itulah yang membuat para pejuang mendesak bung Karno dan bung Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan 17 Ramadhan, hari Nuzulul Qur’an. Memang Atom itu lah yang membawa berkah bagi umat muslim dan bangsa Indonesia atas perjuangan mereka yang tidak mengenal lelah dan putus asa. Karena, kata seorang veteran tadi, ATOM itu singkatan dari Allah Tolong Oemat Moeslim (ATOM).

Selamat Hari Pahlawan…

Cipanas, 10 November 2013

Iman Munandar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s