Posted in Inspirasi Kehidupan

Ngajar Sambil Ngasuh

Ketika dulu ikut pembinaan oleh pengawas sub rayon, pengawas mempersilahkan guru bawa anak ke sekolah dan melarang anak masuk ke dalam kelas ketika ngajar. Katanya bisa menghilangkan wibawa sebagai guru.

Sebenarnya bukan kapasitas saya untuk mengkritiknya, saya hanya menceritakan ketika selama 3 tahun sebagai guru plus ngasuh anak. Kebetulan saya sama istri berprofesi sebagai guru di sekolah2 yang dikelola oleh yayasan keluarga. Saya mengajar Tarikh Islam dan tiap harinya mengelola perpustakaan, kadang pulang sekolah ngisi siraman rohani dan materi tambahan bahasa Arab Inggris. Sementara istri ngajar di Tk, dan kamis-sabtu di Smpnya. 

Akifa anak paling besar sejak usia sebulan sudah sering dibawa ke Tk. Ya ngajar sambil ngasuh anak. Ketika Akifa berusia 9 atau 10 bulanan, istri positif hamil. Sejak mulai itu saya mengasuh Akifa setiap harinya. Pernah diasuh oleh nenek dan uwaknya, pada akhirnya kembali diasuh oleh saya. Begitu si bungsu lahir, istri saya mengasuh sambil bekerja di Tk. Alhmdulillah nyaman2 saja, belum ada komentar dari siswa, guru, kepsek, dan ortu murid.

Ketika ngajar, kadang Akifa bikin ulah. Namanya juga anak kecil pasti gak bisa diam. Alhamdulillah anak2 didik tidak merasa terganggu dan mereka fokus belajar. Ketika di luar sekolah ketemu dengan anak didik, mereka tetap menyapa dan cium tangan, walaupun sudah alumni. 

Saking ngantuknya Akifa, saya suka menidurkannya di meja guru, kadang dia bikin formasi kursi sebagai tempat tidurnya. Ah sebenarnya saya malu, tapi alhmdulillah semuanya enjoy saja. Kewajiban saya sebagai guru dan pengasuh anak tertunaikan. Dan murid2 pun tidak merasa terganggu dan enjoy saja melihat kenyataan ini.

Leave a Reply

